Cara Menggoreng ikan Teri

Ikan teri merupakan salah satu jenis hasil laut yang disukai oleh banyak orang. Ukurannya yang kecil ini memungkinkan kita untuk memakanya langsung, tanpa menghiraukan tentang tulang yang bisa mengganggu.

Rasanya yang enak dan gurih merupakan salah satu daya tarik yang membuat ikan teri ini memiliki peminat yang tidak sedikit. Cara memasak ikan teri sendiri memiliki banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah dengan cara menggoreng ikan teri.

Cara pengolahan ini adalah cara paling umum yang bisa kita temukan. Metode penggorengannya sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam. kali ini kita akan membahas mengenai cara menggoreng ikan teri sehingga bisa mendapatkan rasa yang gurih.

Cara Menggoreng ikan TeriPemilihan

Hal yang paling penting yang haru kita lakukan pertama kali adalah melakukan pemilihan ikan teri yang masih baik. pemilihan ini sendiri dapat digunakan untuk memilih ikan teri kering maupun ikan teri yang masih segar dan masih fresh.

Pastikan bahwa ikan teri yang kita gunakan dalam kondisi yang baik. Pada ikan teri yang kering, pastikan bahwa ikan teri yang kita gunakan dalam kondisi yang sudah benar-benar kering dan tidak dalam kondisi setengah basah.

Selain itu pastikan juga tidak tercium aroma busuk. Untuk ikan teri yang masih segar maka pilihlah ikan teri yang baru datang. Selain itu dapat kita lihat pula dari mata ikan teri tersebut tentang kesegarannya dan tidak

Cara Menggoreng ikan Teri

Pencucian

Bagi ikan teri yang dalam kondisi kering akan memiliki rasa asin yang jauh lebih banyak. Hal ini dikarenakan dalam proses penggeringannya ikan teri akan dilumuri dengan sejumlah garam. Untuk menghilangkan atau mengurangi rasa asin kita bisa merendamnya untuk beberapa saat.

Semakin lama kita rendam maka rasa asin akan semakin berkurang. Untuk ikan teri yang masih segar maka sebaiknya kita cuci hingga bersih. Pastikan bahwa kita mencucinya di air yang mengalir. Hal ini untuk mengurangi kotoran yang mungkin menempel pada ikan teri tersebut.

Cara Menggoreng ikan Teri

Penggorengan

Dalam proses penggorengan maka hal yang harus diperhatikan adalah jumlah minyak goreng yang digunakan. Pada ikan teri kering maka sebaiknya kita tidak terlalu banyak menggunakan minyak goreng.

Selain itu pastikan kita memperhatikan perubahan warna yang ada, ikan teri kering akan cepat sekali berubah warna. Pada proses penggorengan ikan teri basah, maka pastikan kita menggunakan minyak yang cukup banyak.

Untuk ikan teri basah kita dapat menggorengnya langsung sampai kering, maupun dapat melumurinya dengan tepung agar mendapatkan tekstur yang lebih kering. Dari kedua cara menggoreng ikan teri tersebut hal yang paling penting adalah jangan sampai kita terlalu lama menggoreng ikan teri dan jangan terlalu cepat mengangkatnya.

Pastikan kita memperhatikan dengan teliti sampai ikan teri berubah warna menjadi kuning keemasan. Jika kalian terlalu lama menggoreng ikan teri maka akan dapat menjadi gosong dan kandungan yang ada di dalamnya dapat hilang. Jika kalian mengangkat terlalu cepat maka ikan teri akan terasa alot atau juga masih setengah matang.

Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan pada cara menggoreng ikan teri yang bisa kita terapkan. Pastikan bahwa kita menggoreng ikan teri tersebut dengan hati-hati agar mendapatkan hasil yang enak dan nikmat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *