Dampak Media Sosial Terhadap Pariwisata

Media sosial telah menjadi sebuah lahan yang basah untuk berbagai macam tujuan. Banyak hal yang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media untuk promosi atau untuk menyebarkan berita.  Saat ini keberadaan media sosial telah mempengaruhi banyak hal yang berhubungan dengan kehidupan manusia setiap harinya.

Kecepatan penyampaian informasi merupakan salah satu nilai plus yang dimiliki oleh media sosial. Selain itu pencarian informasi yang bisa dibilang cukup akurat dan terperinci juga menjadi sebuah hal yang bisa kita temukan di media sosial saat ini.

Dampak Media Sosial Terhadap PariwisataMaka tak mengehrankan jika banyak sekali bidang yang dipengaruhi oleh keberadaan media sosial. Salah satunya adalah bidang periwisata yang tengah menggeliat akhir-akhir ini.

Dunia pariwisata mau atau tidak mau harus mengucapkan terima kasih pada keberadaan media sosial. Banyak informasi wisata yang tersebar luas dan menjadi incaran mereka yang hobi berpelancong.

Media sosial tak hanya berpengaruh pada suatu objek wisata tertentu saja, namun juga memiliki pengaruh pada stakeholder-stakeholde wisata, seperti agen travel dan perhotelan. Ada beberapa efek media sosial bagi dunia pariwisata, seperti

Dampak Media Sosial Terhadap Pariwisata

1. Media Promosi Objek Wisata

Diyakini atau tidak, bahwa salah satu media yang sangat baik untuk melakukan promosi adalah media sosial. Banyak objek wisata baru yang cepat sekali mendapatkan respon ketika dipromosikan melalui media sosial yang tepat dan akurat.

Hal inilah yang membuat banyak sekali spot-spot objek wisata baru yang terkenal dan bermunculan. Begitu pun dengan objek wisata lama yang ingin menarik pengunjung yang lebih banyak, maka pemanfaatan media sosial dengan baik memang diperlukan.

2. Pengawasan Perubahan Trend

Dalam bidang ini sangat mempengaruhi mereka yang bekerja dalam bidang agen wisata. Melalui persebaran dan model wisata yang banyak di cari oleh masyarakat di media sosial, mereka bisa menyimpulkan mengenai perubahan trend yang sedang terjadi. Serta dapat menentukan penilaian jenis wisata yang banyak disenangi oleh masyarakat.

Dampak Media Sosial Terhadap Pariwisata3. Penyebaran informasi

Melalui media sosial masyarakat akan mudah untuk menyebar informasi mengenai objek wisata tertentu. Informasi ini sendiri bisa dalam bentuk yang bermacam-macam, ada yang berupa foto mengenai keindahan objek wisata, ada pula yang berupa banner-banner event, atau promo-promo tertentu yang bisa menarik para pengunjung baru.

4. Peningkatan Pelayanan

Melalui salah satu fitur yaitu penggunaan hastag, maka banyak agen wisata dan hotel yang dapat mencari komentar dari para konsumen mereka. Pencarian ini dapat menunjukan beberapa respon mengenai pelayanan mereka.

Jika digunakan dengan baik dan direspon dengan baik maka komentar yang ditemukan dapat dijadikan salah satu acuan untuk memperbaiki diri.

5. Penyusunan Terbaru Para Agen Travel

Beberapa dekade yang lalu mungkin pemesanan suatu tiket mengharuskan kita untuk datang langsung ke agen travel yang bersangkutan. Namun, seiring dengan perkembangan yang ada banyak sekali agen travel yang mulai terfokus pada penggunaan media digital sebagai salah satu pejuang di lini depan mereka.

Mudah, sederhana, dan cepat adalah salah satu kelebihan penggunaan media digital.

Itu tadi beberapa dampak media sosial dalam dunia pariwisata. Jika disikapi dengan baik dan dimanfaatkan secara tepat guna maka, media sosial akan menjadi lahan yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia pariwisata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *