Gizi dalam Ikan Teri

Ikan teri merupakan salah satu dari beberapa hasil tangkapan nelayan saat berlayar. Pada musim-musim tertentu kadang nelayan memang melaut dengan tujuan untuk menangkap ikan teri. Pada musim tertentu memang jumlah produksi ikan teri akan sangat berlimpah dan banyak sekali.

Ikan teri sendiri adalah salah satu jenis bahan makanan yang dapat diolah menjadi banyak sekali panganan yang nikmat. Meskipun kebanyakan kadang orang-orang lebih mengenal ikan teri yang diolah sebagai ikan asin dari pada menu olahan lain. Gizi dalam Ikan Teri

Hal inilah yang terkadang membuat bayak orang yang memandangnya sebelah mata pada ikan teri. Padahal jika kita lihat lebih jauh kandungan gizi dalam ikan teri sendiri bisa dikatakan sangat banyak macamnya. Ada beberapa kandungan gizi dalam ikan teri seperti,

1. Protein

Ikan teri sendiri memiliki kandungan protein sebesar 10,3 gr per 100 gram ikan teri. Protein sendiri akan sangat membantu dalam bidang kesehatan dan regenerasi sel-sel dalam tubuh. Jika asupan protein yang masuk dalam tubuh memadai maka, tubuh akan mudah meregenerasi sel yang mengalami kerusakan.Gizi dalam Ikan Teri

2. Kalsium

Kandungan jenis ini merupakan salah satu kandungan terbesar yang dimiliki oleh ikan teri. Per 100 gram ikan teri memiliki kandungan kalsium sebesar 972. Kandungan kalsiumnya yang tinggi ini membuat ikan teri merupakan salah satu dari beberapa ikan laut yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Kalsium sendiri sangat bauk untuk perawatan dan perkembangan tulang seta gigi.

3. Zat Besi

Pada 100 gram ikan teri memiliki kandungan zat besi 3,9 mg. Kandungan ini sendiri bisa dikatakan merupakan salah satu kandungan yang cukup tinggi. Zat besi sendiri mempengaruhi peredaran darah manusia.  Selain itu kandungan zat besi yang cukup akan mencegah timbulnya anemia.

Gizi dalam Ikan Teri

4. Vitamin A

Kandungan vitamin A dalam ikan teri sendiri bisa dikatakan todak terlalu besar. Pada 100 gram ikan teri hanya mengandung 43 IU saja. kandungan ikan memang kalah besar jika dibandingkan dengan kandungan yang ada pada sayuran.

5. Vitamin B1

Sama halnya dengan kanduangan Vitamin A, kanduangan vitamin B1 yang ada pada ikan teri sendiri tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan sumber lain seperti sayuran. Untuk 100 gram ikan teri hanya didapatkan 0,24 mg Vitamin B1.

6. Lemak

Ikan teri merupakan salah satu jenis makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet, kandungan lemak yang ada pada ikan teri sendiri bisa dikatakan sangat kecil, untuk 100 gram ikan teri hanya 1,4 mg lemak yang bisa diketemukan.

Gizi dalam Ikan Teri

7. Fosfor

Fosfor merupakan salah satu kandungan terbesar yang dimiliki oleh ikan teri. Untuk 100 gram ikan teri memiliki 253 mg. Kandungan fosfor ini sendiri juga memiliki fungsi yang sama dengan kalsium. Yaitu untuk mempengaruhi pertumbuhan tulang dan gigi.

Kandungan gizi dalam ikan teri memang bisa dikatakan cukup besar dan banyak. Mengingat hal tersebut maka sebaiknya kita mulai rajin untuk mengkonsumsi ikan teri untuk kesehatan tubuh. Namun, tetap harus diingat bahwa semuanya tak boleh berlebihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *